Jumat, 28 September 2012

Kalaw Kita Bimbang,ini JALANnya....



      Ketika kita menghadapi suatu masalah yang ragu-ragu seperti:ingin kawin,ingin mejadi pegawai,ingin masuk perguruan tinggi,ingin berdagang,dan sebagainya.maka kita disunnatkan mengerjakan shalat istikharah yaitu mohon kepada allah agar dipilihkan allah mana diantaranya yang lebih baik menurut pandangan allah,dan lebih bermanfaat dalam dunia maupun akhirat.Maka dari itu hukumnya sunnat muakad bagi seseorang yang membutuhkannya atau yang membutuhkan petunjuk itu.
Cara mengerjakannya ialah munfarid dan waktunya boleh siang atau malam hari.Insyallah setelah kita shalat,maka hati kita akan mempunyai kemantapan dari salah satu dari beberapa hal itu.

Niat shalat istikarah ialah:

Artinya:”Saya niat shalat istikarah 2 rakaat karena ALLA TA’ALA
Surat yang dibaca sesudah fatihah ialah Al-Kafirun pada rakaat pertama,dan surat ikhlas pada rakaat kedua.

Sesudah shalat hendaklah membaca doa berikut:

Artinya:”Ya ALLAH sungguh aku mohon kepada engkau dipilihkan yang baik dengan ilmu engkau dan mohon  kemampuan dengan kekuasaan engkau dan aku mohon anugrah engkau yang besar.Sesungguhnya engkau maha kuasa dan aku tidak kuasa,engkau maha tau dan aku tidak tahu bahkan engkau maha mengetahui segala sessuatu yang gaib.Ya ALLAH sekiranya engkau mengetahui bahwa persoalan ini baik bagi ku,didalam agama ku,dunia kehidupan ku,dan akibat persoalan ku,baik sekarang maupun dimasa yang akan datang,maka kuasakan lah persoalan itu dan mudahkanlah untukku kemudian berilah berkah didalam persoalan itu.Akan tetapi seandainya persoalan itu buruk bagiku didalam agamaku,dunia kehidupan dan akibat persoalanku baik sekarang maupun yang akan datang,maka hindarkan lah persoalan itu jauh dari aku dan selamatkanlah aku daripadanya,kemudian kuasakanlah/pilihkanlah bagiku yang lebih baik dimana saja adanya dan ridhailah aku dengan hal itu.


Catatan:
Ø Lebih baik dikerjakan pada malam hari beriringan dengan shalat tahajud.
Ø Sebelum shalat bacalah istigfar sebanyak-banyaknya.
Ø Lebih baik lagi disertai puasa sunat.
Ø Banyak sadaqah dan amal shaleh.
Ø Diusahakan sekhusyuk-khhusyuknya.









Tidak ada komentar:

Jika anda ingin Copy artikel ini,saya perbolehkan tapi harap tinggalkan Komentar + Like + Bagikan dan letakan SUMBERnya...ok