Rabu, 10 Oktober 2012

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja



Ada beberapa hal yang harus Anda tulis di dalam surat lamaran kerja, yaitu :
  • Pembukaan, berisi informasi sumber Anda mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan di perusahaan yang Anda lamar bisa dari surat kabar, Internet, kenalan/teman, dan lain-lain.
  • Posisi Anda sekarang, berisi informasi pekerjaan Anda sekarang. Deskripsikan secara singkat tentang posisi dan job desc pekerjaan Anda saat ini. Silahkan bersombong-sombong ria dalam deskripsi ini, contohnya “saya adalah manager dengan 100 bawahan, pencapaian target saya 5 bulan terakhir selalu melampaui target dari perusahaan, bla bla bla...” tetapi tetap menceritkan yang berhubungan dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar. Jangan sampai Anda menceritakan deskripsi pekerjaan yang tidak relevan dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar misalnya Anda melamar pekerjaan dengan posisi manager marketing, tapi malah menceritakan soal Anda mampu menghitung pajak dengan tepat, dsb. (Jaka sembung naek ojek, ga nyambung bung !!!)
  • Informasi Pendidikan, biasanya pendidikan adalah salah satu hal yang menjadi kriteria dalam penerimaan calon karyawan baru. Oleh karen itu, dalam surat lamaran Anda wajib menuliskan secara singkat pendidikan tertinggi Anda. Cantumkan juga pendidikan-pendidikan non formal yang pernah Anda ikuti yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang akan dilamar.
  • Menuliskan penutup dalam surat lamaran kerja. Penutup berisi keterangan singkat bahwa Anda berkeinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang Anda lamar. Tuliskan juga waktu kapan saat terbaik untuk menghubungi Anda dan juga melalui media apa (telpon, e-mail, dan lain-lain) untuk menuju tahap selanjutnya setelah lamaran Anda diterima. Jangan lupa ucapkan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Jika anda ingin Copy artikel ini,saya perbolehkan tapi harap tinggalkan Komentar + Like + Bagikan dan letakan SUMBERnya...ok